Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Barito Kuala (Batola) terus menunjukan kiprah di masyarakat. Di tengah situasi wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) seperti sekarang, induk organisasi kepemudaan ini tentu tak berpangku tangan.

Berbagai aksi sosial pun telah mereka gelar, seperti melakukan penyemprotan disinfektan, membagikan masker, membagikan alat pelindung diri (ADP) dan lainnya. Senin (20/04/2020), KNPI Batola menggelar Sosialisasi Pencegahan Covid-19. Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Bahalap Kantor Bupati Batola ini diikuti para pemuda dan tokoh masyarakat, terutama yang bermukim di RT 19 Kelurahan Marabahan.

Dengan tetap mempedomani protokol kesehatan dan menjaga jarak aman, warga yang bermukim di sekitar lokasi isolasi pasien ODP dan OTG Covid-19 Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Marabahan itu diberikan Sosialisasi Pencegahan Covid-19 agar tidak resah.

Sosialisasi yang dipandu Ketua KNPI Batola Hery Sasmita menghadirkan nara sumber seperti TNI, MUI, serta pihak Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Batola ini berjalan lancar. Semula masyarakat banyak mempertanyakan berbagai kemungkinan serta dampak dijadikannya SKB sebagai tempat isolasi pasien ODP/OTG Covid-19.

Mereka mengkhawatirkan akan membawa penularan bagi penduduk sekitar.Namun semua pertanyaan dan kekhawatiran itu mendapat tanggapan dan penjelasan yang bisa diterima baik dari sisi kesehatan, keamanan, maupun pertimbangan agama.

Meski demikian, warga pun menyampaikan satu permintaan agar dilakukan penyemprotan disinfektarn di setiap rumah mereka. Hery yang juga anggota Tim Gugus Tugas bersedia menyampaikan permintaan itu kepada Bupati selaku Ketua Tim Gugus Tugas Batola.

Dan ternyata permintaan tersebut mendapat persetujuan untuk dilakukan penyemprotan dalam waktu segera. Selaku Ketua KNPI Batola, Hery Sasmita menyatakan, KNPI memiliki tanggung jawab moril untuk membantu masyarakat dan pemerintah untuk menyatukan pendapat, pandangan dan pemahaman dalam tugas-tugas sosial kemasyarakat, pemerintahan dan pembangunan.

Demikian pula dalam kaitan penyebaran Covid-19, sebut lelaki yang juga menjabat Kabag Humpro Setda Batola itu, pemuda harus ikut mengambil peran dalam upaya pencegahan terutama dalam memberikan sosialisasi, menggelar aksi-aksi sosial, hingga turut melakukan penjagaan di posko-posko pemantauan.