Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola) bersama TNI/Polri membagikan masker gratis kepada masyarakat pengguna jalan di kawasan Simpang 4 antara Jalan AES Nasution dan Jalan Veteran, Marabahan, Rabu (19/08/2020).Aksi yang langsung melibatkan Wakil Bupati (Wabup) H Rahmadian Noor, Kapolres AKBP Lalu Moh Syahir Arif, dan Dandim 1005/Marabahan Letkol Arm Ari Priyudono untuk turut terjun melakukan pembagian.

Upaya ini dilakukan terkait pendisiplinan penerapan Peraturan Bupati Batola Nomor 54 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dalam rangka Percepatan Penanganan COVID-19 di Kabupaten Batola.Diharapkan dengan dibagikannya masker gratis ini dapat memacu tingkat disiplin masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 meliputi pemakaian makser, cuci tangan, jaga jarak serta pembatasan kegiatan masyarakat sehingga angka kasus positif Covid-19 dan penularannya dapat ditekan.“Kita semua dalam kondisi penuh keprihatinan karena pandemi Covid-19 yang masih melanda hampir seluruh negara di dunia termasuk Indonesia. Dampak sosial ekonomi maupun keamanan yang timbul akibat pandemi ini perlu kita antisipasi dengan baik,” ujar Kapolres.

Pembagian masker gratis, kata dia, sangat tepat dimaknai bahwa TNI/Polri sebagai alat negara yang bertugas memelihara kamtibmas harus senantiasa membantu pemerintah dan hadir untuk masyarakat terlebih dalam masa sekarang.“Membagikan masker gratis serentak yang dilaksanakan ini adalah salah satu wujud nyata kepedulian pemerintah serta TNI/Polri terhadap masyarakat yang terdampak langsung dari pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Dalam aksi ini terdapat 1.500 masker dibagikan. Selain itu masing-masing kecamatan dari 17 Kecamatan se-Batola juga membagikan sebanyak 250 lembar. Sebelum digelar pembagian masker terlebih dahulu dilakukan Apel Kesiapsigaan di halaman Mapolres Batola yang dipimpin Wabup Rahmadian Noor didampingi Kapolres AKBP Lalu Moh Syahir Arif dan Dandim 1005/Marabahan Letkol Arm Ari Priyudono.