10 mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kabupaten Barito Kuala (Batola) mendapatkan beasiswa dari kerjasama Pemkab Barito Kuala (Batola) dengan PT Pamapersada Nusantara Distrik Adaro. Beasiswa masing-masing senilai Rp3 juta untuk program pendidikan regular S1 ini diserahkan melalui Pj Sekda H Abdul Manaf di Aula Mufakat Pemkab Batola, Senin (24/08/2020).

Kepala Bagian Kesra, Ahmad Muzakir menerangkan, program beasiswa diberikan bagi masyarakat kurang mampu yang memenuhi syarat memiliki prestasi akademis yang dibuktikan melalui Kartu Hasil Studi (KHS).“Beasiswa ini tiap tahun diberikan dengan penerima berbeda yang berasal dari seluruh kecamatan di Batola,” ucapnya.Ia menambahkan, tahun ini terdapat 10 penerima yang berasal dari berbagai kecamatan yang kuliah di berbagai perguruan tinggi di Kalimantan Selatan (Kalsel). Selain itu juga terdapat 1 beasiswa untuk mahasiswa program kedokteran yang berasal dari Batola.

Sebelumnya, Pj Sekdakab Batola H Abdul Manaf mengharapkan beasiswa yang diberikan dapat membantu para mahasiswa dalam menunjang kegiatan perkuliahan. “Di tengah situasi pandemi Covid-19 ini kita berharap dengan beasiswa yang diberikan sedikit membantu kelancaran tugas-tugas perkuliahan para mahasiswa,” harapnya. Manaf menerangkan, penyaluran beasiswa di tengah pandemi ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Batola terhadap dunia pendidikan yang diharapkan menjadi pemacu para mahasiswa untuk lebih giat berprestasi.

Salah satu penerima beasiswa asal Kecamatan Tamban, Yuniah mengatakan, beasiswa yang ia terima ini sangat membantu kegiatan perkuliahan terutama yang dilaksanakan secara virtual. Mengingat, lanjutnya, metode perkuliahan semacam itu lebih membutuhkan banyak biaya terutama untuk pembelian paket data dan kebutuhan komunikasi. “Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Batola dan PT Pama atas bantuan yang diberikan,” tutur mahasiswi yang berkuliah di UIN Antasari Banjarmasin itu.