* Wabup Pimpin Apel Penanggulangan Covid-19

Kodim 1005 Marabahan meluncurkan Team Mobile. Tim ini dibentuk dalam upaya memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Barito Kuala (Batola).Menandai peluncuran Team Mobile ini dilaksanakan Apel Gabungan yang dipimpin Wakil Bupati Barito Kuala (Batola) H Rahmadian Noor di halaman Makodim 1005 Marabahan, Selasa (23/09/2020).

Apel yang ditandai pemeriksaan pasukan ini selain berunsur dari satuan TNI juga terdapat dari Polres Batola, Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan tenaga kesehatan. “Dalam upaya menekan penyebaran Covid-19, penerapan protokol kesehatan sebagai satu kebiasaan baru masih menjadi hal penting,” ungkap Wakil Bupati.“Tujuan dari team mobile ini juga menggugah masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Sebaik apapun program penanggulangan, tetap tak efektif tanpa partisipasi dan dukungan semua pihak,” imbuhnya.

Sesuai dengan nama, team mobile tersebut bergerak ke titik-titik rawan dalam zona merah. Misi yang dibawa antara lain penyemprotan disinfektan berkala, hingga mengecek kondisi warga yang menjalani isolasi mandiri.

Tugas lain adalah membantu penegakan kedisiplinan protokol kesehatan, sesuai Perbup Batola Nomor 54 Tahun 2020.“Memang masih terdapat sejumlah warga yang belum memiliki kesadaran dalam penerapan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker,” sahut Dandim 1005 Marabahan Letkol Arm Ari Priyudono.“Alhamdulillah penertiban berlangsung lancar, karena masyarakat juga dapat bekerjasama. Seiring peluncuran team mobile yang merupakan instruksi Kodam VI Mulawarman, diharapkan ikut membantu percepatan penanganan Covid-19,” tandasnya.