“Hari ini tidak ada penambahan pasien konfirmasi positif. Sedangkan pasien Covid-19 sembuh 2 orang,” tutur Juru Bicara (Jubir) Tanggap Darurat Covid-19 Kabupaten Barito Kuala (Batola) dr Hj Azizah Sri Widari.Pernyataan Azizah ini terkait hasil laporan pemantauan kasus Covid-19 yang terjadi di Batola, Sabtu (03/10/2020).

Wanita yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batola itu selanjutnya menguraikan data 2 pasien yang mengalami kesembuhan yang berasal dari Kecamatan Alalak. Ia menyatakan kedua pasien wanita yang semula dalam pemantauan Tim Covid-19 Kecamatan Alalak itu masing-masing berinisial Btl-200 berusia 45 tahun dan Btl-450 berusia 34 tahun.

“Dengan tambahan 2 orang ini maka total pasien sembuh di Batola menjadi 592 orang, pasien meninggal tetap 8 orang, sedangkan pasien konfirmasi positif 640 orang sehingga kasus konfirmasi positif (kasus aktif) tersisa tinggal 40 orang,” papar Azizah.

Terkait 40 kasus aktif, wanita ramah itu menguraikan, terdapat 31 orang dirawat masing-masing di RSUD Anshari Shaleh Banjarmasin 1 orang, di RSUD Ulin Banjarmasin 1 orang, di Rumah Sakit Bhayangkara Banjarmasin 5 orang, di Karantina Provinsi 20 orang, dan di Karantina SKB Marabahan 4 orang. Sedangkan 9 orang lainnya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.Di Batola juga terdapat kasus suspek 7 orang, probable 1 orang, dan kontak erat 73 orang.