Senin 5 Oktober 2020 merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kodim 1005 Marabahan mengikuti Upacara HUT TNI yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara secara virtual di Aula M Yamin, Makodim 1005 Marabahan.

Upacara yang juga dihadiri Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin itu juga diikuti Wakil Bupati Barito Kuala (Wabup Batola) H Rahmadian Noor beserta unsur forkopimda dan para anggota TNI/Polri.

Dalam mengikuti jalannya upacara, para peserta tetap mengutamakan protokol kesehatan dengan menggunakan masker serta menjaga jarak untuk menghindari penyebaran Covid-19. Sementara itu, Presiden Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara melalui siaran live YouTobe Sekretariat Presiden memimpin jalannya upacara yang diawali dengan mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan sapta marga.

Dalam pidato kenegaraan Jokowi mengapresiasi peran TNI selama ini dalam menghadapi pandemi Covid-19, mulai membantu mendisplinkan warga mematuhi protokol kesehatan hingga ikut menegakan aturan di daerah termasuk penerapan PSBB. “Kita patut memberi apresiasi yang tinggi kepada Tentara Nasional Indonesia atas berbagai perannya dari membantu mendisiplinkan masyarakat, ikut menegakan aturan di daerah yang menerapkan PSBB sampai menjalankan operasi kemanusiaan dalam upaya menghentikan penyebaran Covid-19,” katanya.

Pada bagian lain, Presiden Jokowi berharap TNI selalu bersikap profesional. Jokowi juga berharap agar TNI selalu menjadi kebanggaan rakyat Indonesia. “Dirgahayu TNI. Teruslah menjadi tentara profesional dan kebanggaan rakyat,” ucapnya.

Usai mengikuti upacara, Kodim 1005 Marabahan menggelar syukuran yang awali pemotongan tumpeng HUT TNI ke-75 oleh Komandan Kodim 1005 Marabahan Letkol Arm Ari Priyudono yang diserahkan kepada Wabup H Rahmadian Noor disaksikan para anggota forkopimda beserta masing-masing jajaran.