Jum’at (09-10-2020) pagi, Tim KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) Kabupaten Barito Kuala yang terdiri dari unsur Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan, BPBD, Salpol-PP, dan Kabag. Humas (Hery Sasmita) selaku Koordinator melanjutkan rangkaian kegiatan sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 54 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Dalam Rangka Percepatan Penanganan Virus Pandemi Covid-19 di Kecamatan Cerbon.

Di dampingi Camat Cerbon, Hasbian Noor, Forkopimcam, dan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan setempat, Tim KIE Kabupaten menyusuri Pasar Bantuil untuk melakukan aksi sosialisasi melalui penyampaian informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19 dan cara pencegahannya.

Dengan menggunakan pengeras suara, TIM KIE mengingatkan masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan sesuai Peraturan Bupati No. 54 tahun 2020 serta ancaman sanksi bagi pelanggarnya.  Selain itu, Tim KIE juga melakukan komunikasi dua arah baik kepada pedagang maupun pembeli untuk menjelaskan tentang protokol kesehatan, sekaligus membagikan leaflet sosialisasi Perbup. 54/2020, dan pemberian masker bagi beberapa warga yang kedapatan belum menggunakan masker atau tidak mengenakan masker sesuai standar kesehatan.

Dari hasil pengamatan langsung di Pasar Bantuil ini, Tim KIE menyimpulkan bahwa kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, utamanya dalam mengenakan masker dinilai sudah tinggi, yaitu sekitar 98 persen. Hal ini dapat dilihat dari hanya beberapa warga, baik pedagang maupun pembeli yang tidak menggunakan masker sesuai standar kesehatan atau tidak mengenakan masker secara tepat.

Sependapat dengan penilaian Tim KIE tersebut, Hasbian Noor, Camat Cerbon menjelaskan bahwa tingginya kesadaran warga tersebut tak lepas dari Koordinasi dan kerjasama yang baik antar Forkopimcam Cerbon dan upaya konsisten dari Tim Gugus Tugas Kecamatan setempat untuk secara persuasif memberi pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19 dan cara mengurangi kemungkinan penularannya dengan menjalankan protokol kesehatan, seperti rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau disinfektan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan yang tidak perlu, serta selalu mengenakan masker yang sesuai dengan standar kesehatan.

Melihat fakta menggembirakan ini, Tim KIE Kabupaten mengapresiasi tingginya tingkat kesadaran warga di Pasar Bantuil dalam mematuhi protokol kesehatan sesuai Peraturan Bupati Nomor 54 Tahun 2020. Tim juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas upaya Camat Cerbon, Forkopimcam, serta Tim Gugus Tugas Kecamatan setempat sehingga mampu menumbuhkan kesadaran warga yang berarti juga meminimalkan kemungkinan terjadinya penularan Covid-19 di Kabupaten Barito kuala, khususnya di wilayah Kecamatan Cerbon.