Kasus konfirmasi (konfirmasi positif) kembali bertambah 2 orang, sedangkan pasien sembuh 1 orang. Demikian laporan Juru Bicara (Jubir) Tanggap Darurat Kasus Covid-19 Barito Kuala (Batola) dr Hj Azizah Sri Widari, Selasa (13/10/2020). “Data pasien baru 2 orang konfirmasi positif. Sedangkan pasien sembuh 1 orang,” tulis Azizah dalam press release-nya di Grup WA Press Room Humas dan Protokol (Humpro) Setdakab Batola.

Wanita ramah itu mengatakan, 2 penambahan pasien positif Covid-19 kali ini berasal dari Kecamatan Alalak dengan inisial Btl-653 (wanita 45 tahun) dan Btl-654 (laki-laki 45 tahun). “Dengan tambahan 2 ini maka total pasien positif dari Alalak menjadi 6 orang,” ucapnya sembari menyatakan, saat ini keduanya sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Terkait 1 pasien sembuh, menurut Azizah, dialami pasien wanita berusia 38 tahun berasal dari Kecamatan Marabahan. Pasien berkode Btl-632 itu, sebutnya, semula dalam pemantauan Tim Covid-19 Rumah Sakit Bhayangkara Banjarmasin.

Wanita yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batola itu mengutarakan, dengan tambahan kasus baru ini maka total pasien konfirmasi positif di Batola menjadi 652 orang, pasien sembuh 622 orang (95,40 persen), dan pasien meninggal 8 orang (1,23 persen). Sehingga kasus konfirmasi (kasus aktif) tersisa 22 orang (3,37 persen).

Azizah membeberkan, 22 sisa kasus aktif saat ini selain 6 orang dari Alalak, juga terdapat 8 orang dari Tamban, 3 Anjir Pasar, 3 Rantau Badauh, 1 Marabahan, dan 1 Belawang. “Para pasien saat ini 11 orang menjalani isolasi mandiri dan 11 orang dirawat masing-masing di RSUD Anshari Shaleh 2 orang, di RSUD Abdul Aziz 1 orang, di RSUD Ulin 1 orang, dan 7 orang di Karantina Provinsi,” paparnya.

Selain terdapat kasus aktif, sebut Azizah, di Batola juga terdapat kasus suspek 6 orang masing-masing dari Kecamatan Bakumpai 1 orang, Cerbon 1 orang, Alalak 3 orang, dan Belawang 1 orang.

Sedangkan kasus kontak erat 12 orang masing-masing dari Kecamatan Marabahan 5 orang, Rantau Badauh 4 orang, dan Alalak 3 orang. Sementara kasus probable kosong.