Kasus terkonfirmasi positif (konfirmasi positif) di Kabupaten Barito Kuala (Batola) bertambah lagi 1 orang. Sementara pasien sembuh tidak ada. Demikian laporan Juru Bicara Tanggap Darurat Kasus Covid-19 Batola dr Hj Azizah Sri Widari, Senin (12/10/2020). “Hari ini terdapat penambahan 1 orang pasien terkonfirmasi positif, sedangkan kesembuhan tidak ada,” tuturnya.

Azizah menerangkan, penambahan 1 orang pasien baru kali ini berasal dari Kecamatan Alalak. Saat ini pasien laki-laki berkode Btl-652 (13 tahun) itu sedang diisolasi di fasilitas Karantina Asrama Haji Banjarbaru. “Dengan tambahan 1 orang ini maka pasien terkonfirmasi positif dari Kecamatan Alalak menjadi 4 orang,” katanya.

Wanita yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batola itu mengutarakan, dengan adanya tambahan 1 orang maka yang ada total kasus konfirmasi di Batola saat ini menjadi 650 orang, sedangkan pasien sembuh 621 orang (95,54 persen), dan pasien meninggal 8 orang (1,23 persen), sehingga kasus konfirmasi (kasus aktif) tersisa 21 orang (3,23 persen).

Azizah membeberkan, 21 kasus aktif saat ini selain 4 orang berasal dari Kecamatan Alalak juga terdapat dari Kecamatan Tamban 8 orang, Anjir Pasar 3 orang, Rantau Badauh 3 orang, Marabahan 2 orang, dan Belawang 1 orang.

“Para pasien saat ini 6 di antaranya menjalani isolasi mandiri dan 15 dirawat masing-masing di RSUD Anshari Shaleh 2 orang, di RSUD Abdul Aziz 4 orang, di RSUD Ulin 1 orang, di RS Bhayangkara 1 orang, dan di Karantina Provinsi 7 orang,” paparnya. Selain terdapat kasus aktif, ucap wanita ramah itu, di Batola juga terdapat kasus suspek 7 orang, kasus kontak erat 25 orang, dan kasus probable kosong.