* Hari Ini hanya Terdapat 1 Pasien Sembuh

Perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Minggu (08/11/2020) hari ini, terdapat 1 pasien positif sembuh. Padahal sehari sebelumnya terjadi penambahan pasien positif (kasus konfirmasi) cukup signifikan, 9 orang sekaligus.

Berdasarkan data laporan Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Batola, dr Hj Azizah Sri Widari, menyatakan pasien sembuh kali ini berasal dari Kecamatan Alalak. Pasien berkode Btl-688 berjenis kelamin laki-laki berusia 28 tahun ini semula dalam pemantauan Tim Covid-19 Asrama Haji Banjarbaru.

Dengan tambahan 1 orang ini maka total pasien sembuh di Bumi Ije Jela menjadi 672 orang (94,78 persen) dari total kasus konfirmasi 709 orang. Sedangkan pasien meninggal dunia 12 orang (1,69 persen). Sehingga pasien konfirmasi positif (kasus aktif ) tersisa 25 orang (3,53 persen).

“Saat ini ke-25 kasus aktif ini 18 orang di antaranya menjalani isolasi mandiri dan 7 orang lainnya menjadi perawatan masing-masing di RS Anshari Shaleh 1 orang, di RS Islam 2 orang, dan di Karantina SKB 4 orang,” papar Azizah.

Azizah yang juga Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) itu menguraikan, kasus Covid-19 di Kabupaten Batola kali ini yang mengalami penambahan signifikan terdapat pada kasus suspek, probable, dan kontak erat. Jika sehari sebelumnya kasus suspek terdapat 49, probable kosong, dan kontak erat 51 orang. kali ini bertambah kasus suspek menjadi 67 orang, probable 1 orang, dan kontak erat 56 orang.

Terus terjadinya penambahan pada pasien suspek, probable, dan kontak erat ini harus menjadi kewaspadaan. Mengingat selama ini pasien yang terdapat di tiga jenis kasus ini cenderung meningkat statusnya menjadi pasien positif.