Gusti Hafidz dan Nor Mahdiani berhasil menyisihkan 10 peserta lainnya di Grand Final Pemilihan Atak dan Diang Tahun 2020 Duta Wisata Kabupaten Barito Kuala (Batola) yang digelar di Gedung Serba Guna Marabahan, Senin (30/11/2020).

Gusti Hafidz asal Kecamatan Alalak dinobatkan sebagai Atak sedangkan Nor Mahdiani asal Kecamatan Tamban dinobatkan sebagai Diang. Sementara Wakil I Atak ditempati Sandy (Anjir Muara) Wakil I Diang Dhevi Emelda Sari (Mandastana), Wakil II Atak M Zaini Ridho (Marabahan) dan Wakil II Diang Yuni Maulidina (Marabahan).

Selanjutnya, Wakil III Atak Ahmad Faris Rizki (Marabahan) dan Wakil III Diang Ikrima Rasya Aprilia (Marabahan), Wakil IV Atak M Alfarisi (Alalak) dan Wakil IV Diang Khusnul Khatimah (Tabunganen), Wakil V Atak Ahmad Mufti (Alalak) dan Wakil V Diang Putri Silsilia Natasha (Marabahan).

Semua peserta selain mendapatkan hadiah uang pembinaan juga mendapatkan bingkisan dari para sponsor. Grand Final Pemilihan Atak dan Diang Tahun 2020 Duta Wisata Kabupaten Batola ini sebelum memasuki acara puncak dirangkai berbagai hiburan dan pertujukan di antaranya musik dan lagu daerah dari Sanggar Permata Ije Jela, parade dan perkenalan 12 finalis Atak dan Diang, question and answer terhadap 12 finalis, penampilan madihin dari Atak Zilmi, penampilan lagu Banjar dari Sanggar Permata Ije Jela.

Sambil menunggu pengumuman pemenang, 12 finalis juga menggelar parade dan perkenalan di hadapan Bupati Hj Noormiliyani AS, Wakil Bupati H Rahmadian Noor dan isteri Hj Saraswati Dwiputranti, Pj Sekda H Abdul Manaf dan isteri Hj Fidriana, para anggota forkopimda dan undangan.

Bupati Noormiliyani sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan. Ia memandang, pelaksanaan ini di samping mengandung makna penting dalam mendukung, menjaga, memelihara serta melestarikan keanekaragaman kebudayaan juga memiliki nilai sangat strategis sebagai wahana untuk memotivasi serta memupuk rasa cinta tanah air di kalangan generasi muda agar turut berperan aktif dalam pelestarian akan budaya bangsa khususnya Budaya Dayak Bakumpai.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini juga mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu sarana efektif dalam menciptakan sumber dana manusia yang berkualitas, maju, mandiri serta berdaya saing terutama dalam memacu pengembangan bakat dan keterampilan generasi muda dalam rangka mempromosikan kebudayaan dan kepariwisataan daerah yang menjadi ikon serta kebanggaan masyarakat Batola.

Pada bagian lain Noormiliyani mengatakan, seiring perjalanan waktu telah banyak perubahan serta kemajuan pembangunan yang dirasakan oleh masyarakat Batola. Untuk itu, kepada para Atak dan Diang ia berharap tidak saja memiliki pengetahuan dan pemahaman seluk beluk sejarah, keragaman budaya dan dunia kepariwisataan namun juga dibarengi pengetahuan dan wawasan luas terutama mengenai kondisi serta potensi daerah maupun berbagai kebijakan dan hasil-hasil pembangunan yang sudah, telah dan akan dilaksanakan termasuk berbagai kendala yang dihadapi Pemkab Batola.

Agar nantinya, dapat dijadikan bahan referensi untuk memberikan informasi yang lengkap sekaligus mempromosikannya kepada masyarakat dan berbagai pihak lainnya dalam rangka mendukung terwujudnya percepatan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu mengatakan, tahun 2022 Jejangkit Ecopark akan selesai dibangun begitu juga Jalan Kutabamara sehingga akses dari Kecamatan Kuripan, Tabukan, Bakumpai dan Marabahan akan dapat dilewati bukan hanya kendaraan roda dua namun juga roda empat.

Selain itu, lanjutnya, juga terdapat beberapa objek wisata seperti susur sungai, Agrowisata Talaran Setara, dan direncanakan ada wisata petik jeruk di Mandastana, wisata petik nanas di Mekarsari, dan berbagai objek wisata lainnya yang terus dibangun dan tingkatkan.

“Karenanya pengetahuan dan pemahaman para finalis hendaknya benar-benar menguasai untuk dijadikan referensi agar bisa memberikan bahan promosi dan informasi kepada masyarakat serta pengunjung dalam rangka mendukung terwujudnya percepatan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” pesan bupati.