Pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Rabu (09/12/2020) berlangsung aman, tertib dan lancar. Hanya saja bila dibandingkan Pilgub/Pilwagub 2015, Pilgub/Pilwagub kali ini terlihat lebih lengang. Masyarakat yang datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya juga terlihat tidak bersamaan. Sehingga pencoblosan yang dilaksanakan terlihat tidak sempat antre.

“Mungkin di samping situasi pandemi juga karena adanya pembagian waktu kehadiran bagi masyarakat sehingga mereka memilih datang secara bergantian,” tutur Jalal, salah seorang warga saat mencoblos di TPS 08 Kelurahan Marabahan Kota.

Pada Pilgub/Pilwagub kali ini, Bupati Batola Hj Noormiliyani AS didampingi suami H Hasanuddin Murad beserta sang anak, Akhmad Akbar Tawakkal mencoblos di TPS 1 Kelurahan Marabahan Kota. Ketiganya datang menggunakan satu mobil sekitar pukul 09.00 wita.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) H Rahmadian Noor beserta isteri Hj Saraswati Dwi Putranti mencoblos di TPS 16 Perumahan Korpri Komplek Galam I Kelurahan Ulu Benteng. Wabup dan isteri datang lebih awal sekitar pukul 07.30 wita.

Sebelum menggunakan hak pilih, bupati dan wakil bupati beserta keluarga, sebagaimana masyarakat lainnya, harus memenuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menggunakan sarung tangan.

Usai menggunakan hak suara, Bupati Hj Noormiliyani AS, Wakil Bupati H Rahmadian Noor, dan Pj Sekda H Abdul Manaf beserta forkopimda dan Tim Desk Pilkada melaksanakan monitoring di seluruh kecamatan di Batola.

Bupati Noormiliyani didampingi Kapolres AKBP Lalu Mohammad Syahir Arif, Dandim 1005 Marabahan Letkol ARM Ari Priyodono, Kajari La Kanna, Wakil Ketua DPRD Agung Purnomo, Staf Ahli Bidang Polpem, Kabag Umum, Kabag Humpro, Kabag Organisasi, dan Kasubbag Permata melakukan monitoring di Kecamatan Cerbon, Rantau Badauh, Mandastana, Jejangkit, dan Alalak.

Wakil Bupati H Rahmadian Noor didampingi Asisten Bidang Kemasyarakatan, Staf Ahli Bidang Ekobang, Kadiskominfo, Kasubbag Pemum, Kabid Bina Pol, Kasubag Pertanwil, Kasubag Perencanaan dan Kepegawaian, dan sejumlah anggota sekretariat melakukan monitoring di Kecamatan Barambai, Wanaraya, Belawang, dan Anjir Pasar.

Pj Sekda H Abdul Manaf didampingi pejabat dari Kodim 1005 Marabahan, yang mewakili Kapolres, yang mewakili kajari, anggota DPRD, Kasatpol PP, Kadishub, Kabag Pem, Kabag Hukum, dan Kabag Ekobang melakukan monitoring di Kecamatan Anjir Muara, Tamban, Mekarsari, dan Tabunganen.

Sedangkan Asisten Bidang Pemerintahan didampingi Kadisdukcapil, Kepala Kesbangpol, Kabag Kesra, Kabag P2BJ, Kabid Tibum Satpol-PP, Kasubag Hukum, dan beberapa anggota di sekretariat melakukan monitoring di Kecamatan Marabahan, Bakumpai, Tabukan, dan Kuripan.