Kasus Covid-19 di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Selasa (15/12/2020) hari ini, nihil kasus baru. Baik kasus konfirmasi (konfirmasi positif) maupun pasien sembuh tidak mengalami tambahan. “Hari ini tidak ada penambahan kasus baru dan tidak ada kesembuhan pasien konfirmasi positif,” papar Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) Penanganan Kasus Covid-19 Batola, Hj Azizah Sri Widari.

Hanya saja, kendati tidak mengalami tambahan kasus baru, namun kasus kontak erat tergolong tinggi berjumlah 145 orang, suspek 22 orang, dan suspek kosong. Jika dilihat kejadian selama ini, tinggi kasus kontak erat maupun kasus suspek sangat rentan mendongkrak penambahan pasien positif. Mengingat para pasien yang berstatus suspek dan kontak erat cenderung meningkat menjadi pasien positif.

Azizah yang juga Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batola itu mengutarakan, kasus konfirmasi di Bumi Ije Jela saat ini berjumlah 845 orang dengan rincian pasien sembuh 778 orang (92,07 persen), meninggal dunia 13 orang (1,54 persen), dan kasus aktif 54 orang (6,39 persen).Khusus untuk kasus aktif, terang dia, terdapat 40 menjalani isolasi mandiri. Sedangkan 14 orang lainnya dalam perawatan masing-masing di RSUD H Abdul Azis Marabahan 3 orang, di RSUD Islam Banjarmasin 1 orang, di Karantina Bapelkes Banjarbaru 4 orang, dan di Karantina SKB Marabahan 6 orang.