Masih tingginya angka sebaran Covid-19 membuat jajaran Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola) melakukan berbagai upaya penekanan. Sabtu (06/02/2021), Kodim 1005 Marabahan menggelar sosialisasi penerapan protokol kesehatan (prokes) dan sterilisasi berupa penyemprotan disinfektan.

Kegiatan yang langsung diikuti Wakil Bupati Barito Kuala (Wabup Batola) H Rahmadian Noor beserta anggota forkopimda dan SKPD terkait seperti BPBD, Satpol-PP, serta para relawan ini dengan melakukan penyemprotan fasilitas umum dan penerapan gerakan memakai masker.

Diikuti Wabup, Dandim 1005 Marabahan Letkol Arm Ari Priyudono SSos MTr (Han) beserta jajaran forkopimda dan SKPD terkait melaksanakan patroli di tempat-tempat keramaian seperti pasar dan Lapangan 5 Desember Marabahan. “Giat ini sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan efektifitas pelaksanaan PPKM,” terang Wabup Rahmadian Noor.

Pria yang juga menjabat Ketua PMI Batola itu mengutarakan, PPKM akan diterapkan hingga tingkat Desa, RT dan RW. Sehingga partisipasi seluruh masyarakat terutama camat, kades, maupun ketua RT dan RW dapat melakukan pengetatan pelaksanaan protokol kesehatan di wilayah masing-masing.

Wabup yang akrap disapa Rahmadi itu mengungkapkan, pertumbuhan kasus Covid-19 di Batola masih relatif tinggi sehingga perlu diwaspadai dan dilakukan langkah-langkah pencegahan seperti yang dilakukan sekarang.Ia menyatakan, gerakan sterilisasi fasilitas-fasilitas umum yang bernama “Sabtu-Minggu Steril” ini selain dilakukan penyemprotan fasilitas-fasilitas umum juga dilakukan pengawasan terhadap protokol kesehatan.

Dandim 1005 Marabahan, Letkol ARM Ari Priyudono menambahkan, giat ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan.“Pembagian masker yang dilakukan di Pasar Marabahan ini dengan harapan masyarakat ingat ancaman Covid-19 masih sangat tinggi sehingga terus menerapkan 3M,” katanya.

Kegiatan sterilisasi penyemprotan disinfektan ini dimulai dari Tribun Lapangan 5 Marabahan berlanjut ke Taman Raja Tumpang. Sementara kegiatan sosialisasi menggunakan masker berisi pembagian masker di Pasar Marabahan yang disertai peringatan pentingnya protokol kesehatan.