Siapa yang tak kenal dengan Hasanuddin Murad. Anggota DPRD Propinsi Kalsel yang pernah menjabat Bupati Batola dua periode itu tak hentinya berjuang untuk kemajuan banua.

Dengan kesibukan baru sebagai anggota DPRD Provinsi Kalsel, Hasanuddin Murad aktif berperan. Tak terkecuali di Marabahan, tanah kelahirannya. Sosialisasi yang dilakukan Hasanuddin Murad di Despacito Cafe Marabahan, Minggu (11/04/2021), terkait Perda Nomor 10 Tahun 2019 tentang Kepemudaan. Sementara pesertanya para pemuda yang terhimpun dalam KNPI dan AMPI Batola.

Selain menjelaskan pentingnya perda untuk pemuda, Hasanuddin juga berbagi pengalaman, terutama dalam dunia bisnis dan politik. “Perda itu banyak dan masih banyak yang belum diketahui. Sosialisasi ini salah satunya agar sebuah produk hukum bisa diketahui khalayak banyak,” ujar lelaki suami Bupati Batola Hj Noormiliyani AS tersebut sembari mengatakan saat peraturan diundangkan masyarakat dianggap tahu.

Menurut Hasan (panggilan Hasanuddin Murad), Perda No 10 tahun 2019 tentang Kepemudaan merupakan perda yang wajib dilakukan pemuda. Selain sebagai dasar hukum untuk pemuda, perda juga mengatur tentang organisasi kepemudaan. “Dalam perda juga mengatur tugas, fungsi, dan tanggung jawab pemerintah daerah,” ujarnya.

Saat sosialisasi, kepada generasi muda yang terhimpun dalam KNPI Batola dan AMPI Batola ini, lelaki yang pernah 8 tahun menjadi anggota DPR RI itu juga memaparkan betapa pentingnya peran pemuda, terutama saat Orde Baru hingga Reformasi. “Ke depan kita akan mengadakan dialog kepemudaan lagi dengan peserta yang lebih banyak. Tentunya pesertanya dari 17 Kecamatan yang ada di Batola,” ujarnya sembari berharap pandemi cepat berlalu agar kegiatan bisa terlaksana secepatnya.

Ketua KNPI Batola Hery Sasmita menyambut baik sosialisasi yang dilakukan Hasanuddin Murad. Mengingat perda yang dipaparkan merupakan dasar hukum yang harus dipahami dan diketahui pemuda. “Perda ini yang menaungi kita dalam organisasi kepemudaan ini,” ujar lelaki yang menjabat Kabag Prokopimda Setda Batola itu.

Acara yang digelar di suasana lebatnya hujan itu juga menghadirkan narasumber dari Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Batola, Nanang Kaderi. Sebagai komisi yang menaungi kepemudaan, Nanang Kaderi juga menyambut baik sosialisasi yang dilaksanakan.(Prokopimda Batola)