Bupati Hj Noormiliyani AS berharap, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun Kabupaten Barito Kuala (Batola). Pernyataan itu dilontarkannya saat menghadiri Rapat Pleno sekaligus Buka Puasa Bersama jajaran DPD KNPI Batola di Despacito Cafe’ yang terletak di Jalan AES Nasution Marabahan, Kamis (06/05/2021) petang. “Saya berharap organisasi kepemudaan KNPI ini dapat bersinergi dengan pemkab dalam membangun Batola,” ucapnya.

Di acara yang juga dihadiri Kadisporbudpar Batola Gusti Ruspandi ini, bupati yang saat muda juga pernah berkiprah di kepengurusan KNPI itu menyatakan, para pemuda yang terhimpun dalam KNPI Batola agar bisa semakin aktif menunjukan kepedulian di masyarakat hingga tingkat RT sekali pun. “Ketika ada masyarakat yang sakit atau terkena musibah disitulah KNPI harus hadir menunjukan empati, kepedulian, serta membantu apa pun yang bisa dilakukan,” pesannya.

Isteri anggota DPRD Provinsi Kalsel H Hasanuddin Murad itu juga berpesan para anggota KNPI agar ikut menjaga dan melestarikan hasil-hasil pembangunan. Mengingat masa depan Batola berada di pundak generasi muda sendiri.“Di pundak kalian lah masa depan banua ini diwariskan nantinya, karena itu kalian pula yang wajib menjaga dan melestarikan hasil-hasil pembangunan ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kadisporbudpar Batola, Gusti Ruspandi sangat mengapresiasi gebrakan yang dilakukan Hery Sasmita dalam menghindupkan kembali organisasi kepemudaan di Batola. Ia menyatakan, setelah bertahun-tahun KNPI mengalami kevakuman, dengan dipimpin Hery Sasmita maka gaungnya pun langsung terdengar di mana-mana.

“KNPI di bawah komando Hery Sasmita memiliki gerakan dan kegiatan nyata serta dirasakan langsung masyarakat,” ucapnya sembari menambahkan, hal itu membuat pihaknya semakin yakin dalam menyusun berbagai program kepemudaan dari kementerian untuk bisa diimplementasikan bersama KNPI.

Rapat Pleno yang diikuti 50-an anggota KNPI Batola yang terdiri 33 anggota kabupaten dan 17 DKP kecamatan ini dibuka langsung Ketua DPD KNPI Batola Hery Sasmita. Pria yang akrab disapa pak Hery itu menerangkan, digelarnya rapat dalam rangka untuk melakukan evaluasi atas kegiatan yang telah dilaksanakan agar program-program yang selanjutnya bisa lebih efektif dan efisien.

“Kita ingin agar DPD KNPI Batola dapat menunjukan diri sebagai aset pemuda yang layak dibina,” ungkap pria yang menjabat Kepala Bagian Protokol, Dokumentasi, Komunikasi Pimpinan Daerah (Kabag Prokopimda) itu. Acara ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan kepada Bupati Hj. Noormiliyani As dan Kepala Dinas Gusti Ruspandi berupa kaos pemuda olah Ketua DPD KNPI Batola.