Panitia Masjid Jami Al- Istiqamah Marabahan gelar Peringatan Nuzulul Quran, Minggu sore (9/5/2021). Acara yang diisi dengan pembacaan ayat suci Alquran, tausyiah, tahlil sekaligus buka puasa bersama ini turut dihadiri Wakil Bupati Batola, H Rahmadian Noor serta sejumlah undangan dan jamaah masjid.

Dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan, dalam sambutannya Wabup menyampaikan banyak hal terkait pandemi yang masih melanda kabupaten Barito Kuala. Ia mengingatkan kembali dua hal yang mulai diindahkan masyarakat dalam beraktivitas di keseharian. Seperti tidak mengenakan masker dan berkerumun. “Dua hal yang mulai dilupakan, yaitu memakai masker dan menghindari kerumunan. Penting kira kita saling mengingatkan kembali, karena virus itu ada dan mengintai di sekitar kita,” ucap Rahmadi yang juga dikutip bpost.

Ia pun menambahkan, hingga saat ini dampak dari pandemi masih sangat terasa. Terutama tertundanya berbagai program yang telah disusun pemerintah, hingga berkurangnya pendanaan akibat adanya pemotongan anggaran. Untuk itu, ia mengharapkan masyarakat turut peduli dengan kondisi ini. Yakni dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan, mengikuti program vaksinasi dan tentunya berdoa. “Mari sama-sama kita berdoa agar pandemi ini bisa berakhir di tahun ini. Agar semuanya pulih dan bisa berjalan seperti sedia kala,” harap Rahmadi.

Adapun KH Muhammad Noor, selaku pengisi tausyiah juga menyampaikan harapan serupa dengan lebih mencintai Alquran dan mengamalkannya. Agar apapun yang dialami dalam menjalani hidup akan selalu mendapatkan solusi dan keberkahan, sekaligus menjadi petunjuk hidup. “Sebaik-baik manusia di antara kalian adalah ia yang belajar Alquran dan mengajarkannya,” ucap Guru Muhammad Noor mengutip Hadits Nabi Muhammad SAW.

Ia pun menambahkan, betapa pentingnya membaca dan meneladani Alquran sebagai pedoman hidup, terlebih lagi di Bulan Ramadhan ini. Karena Alquran sendiri merupakan mukjizat terbesar yang diterima Baginda Nabi Muhamamd SAW yang akan tetap bertahan hingga akhir zaman. prokopimda/tab