Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar Musyawarah Kabupaten (Muskab) VII Tahun 2021, Rabu (22/09/2021). Muskab yang dibuka Wakil Bupati H Rahmadian Noor di Aula Selidah Pemkab Batola ini kembali terpilih H Rusli. Lelaki pendiam ini terpilih secara aklamasi untuk kembali menakhodai Kadin Batola periode 2021-2026. Kepada yang bersangkutan pun diserahkan panji organisasi dari Ketua Kadin Kalsel diwakili Wakil Ketua Umum Bidang Kesehatan dan Farmasi Hj Helda Larasaty.

Wabup Rahmadian Noor, saat membuka Muskab mengatakan, Pemkab Batola selalu mendorong dan membantu agar dunia usaha memiliki peluang usaha yang terbuka. Karena jika dunia usaha atau bisnis tumbuh dengan baik akan tercipta lapangan pekerjaan yang luas sehingga kesejahteraan para pekerja dan karyawan juga akan meningkat.

Mengingat, lanjut wabup, salah satu indikator keberhasilan dan kemajuan pembangunan daerah ditandai semakin meningkatnya pertumbuhan ekonomi yang secara umum dapat dilihat dengan meningkatnya kemampuan daya saing dunia usaha dan para pelaku usaha serta daya beli masyarakat.

Untuk mewujudkan ini, sebut wabup, tentu diperlukan kerjasama yang sinergis semua pihak termasuk Kadin untuk bersama-sama memaksimalkan peran dan fungsi dalam membangun dan mendorong para pelaku usaha terutama terkait peningkatan SDM dan sumber daya ekonomi menengah.

Terkait kegiatan Muskab yang diselenggarakan, wabup mengharapkan, Kadin Batola hendaknya mampu melahirkan program kegiatan yang dapat memberikan kontribusi yang sinergi dengan program dan kegiatan pemkab, baik dalam upaya membantu menyelesaikan masalah-masalah yang menghambat lajunya pertumbuhan ekonomi maupn dalam rangka mendorong terciptanya iklim usaha yang sehat, kondusif dan berdaya saing.

“Kadin Batola diharapkan mampu memberikan bantuan, pembinaan serta motivasi sekaligus dukungan nyata kepada para pelaku usaha baik kepada yang berskala besar, kecil dan menengah khususnya yang berorientasi kepada potensi dan produk unggulan daerah yang kini mulai tumbuh dan berkembang di seluruh wilayah Batola,” paparnya.

Dengan harapan, lanjutnya, apa yang diupayakan senantiasa menjadi bagian bersama dalam membangun dan menciptakan gerak laju pertumbuhan ekonomi ke arah yang lebih baik bagi suksesnya pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Muskab Kadin Batola ini juga ditandai penyerahan cindera mata dari Ketua Kadin Terpilih H Rusli kepada Wabup H Rahmadian Noor, dan Wakil Ketua Umum Bidang Kesehatan dan Farmasi Hj Helda Larasaty.