Musibah kebakaran kembali melanda kawasan permukiman penduduk di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Rabu (22/09/2021) pukul 01.44 Wita dinihari. Kali ini peristiwanya menimpa warga yang bermukim di Handil Marusin RT 03 Desa Anjir Seberang Pasar II.

Akibat amukan si jago merah, 3 rumah ludes jadi arang masing-masing milik Arman, Hariadi, dan Abdul Hadi. Sedangkan kerugian diperkirakan berkisar Rp300 juta. Beruntung dalam peristiwa ini tidak terdapat korban jiwa. Sebagai bentuk kepedulian dan rasa empati terhadap warganya, Wakil Bupati (Wabup) Batola H Rahmadian Noor didampingi Camat Anjir Pasar A Husaini, para anggota forkopimcam, Rabu (22/09/2022) sore, langsung mendatangi lokasi kebakaran.

Kedatangan wabup sekaligus menyampaikan sejumlah bantuan seperti sembako serta dana. Ia mengharapkan, bantuan ala kadarnya ini bisa bermanfaat meringankan kebutuhan mendesak para korban. Kepada warga, wabup yang mantan anggota DPRD Batola ini menyampaikan sejumlah pesan dan himbauan. Di antaranya mengajak setiap warga sebelum bepergian atau pun ketika mau tidur agar berhati-hati terhadap keamanan rumah terutama terhadap ancaman kebakaran.

Ia menyampaikan ancaman yang rentan terjadi terkait konsleting yang berasal dari instalasi listrik yagn berasal dari instalasi listrik yang tidak terawat atau lapuk. Terlebih dalam situasi menjelang kemarau ini. “Kalau bisa usahakan periksa secara berkala instalasi listrik yang mulai lapuk yang sangat berpotensi memicu terjadinya kebakaran,” imbaunya. Sementara kepada ibu-ibu dipesankan supaya sebelum berpergian dan sebelum tidur agar mencek perabot dapur kalo masih lupa mematikan kompor.