Guna Partisipasi dan uji kemampuan, Forum Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Barito Kuala (Batola) memberangkatkan 10 atletnya di Kejurprov Kalimantan Selatan (Kalsel) di Tanah Laut (Tala). Pelepasan atlet dilakukan H Rahmadian Noor, selaku pembina FPTI Batola bersama jajaran pengurus di depan dinding panjat, Lapangan 5 Desember, Kecamatan Marabahan, Senin (25/10/2021).

Diungkapkan Rahmadi, dalam even yang diikuti kali ini tidak ada memasang target khusus. Yang jelas pihaknya senang melihat keseriusan atlet binaan yang secara intens berlatih hingga layak diberangkatkan berkompetisi. “Kita tunggu saja kabar baiknya, semoga anak-anak bisa memberikan hasil maksimal,” ucapnya seperti dikutip BPost. Mantan anggota DPRD Batola pun berharap cabang olahraga ini bisa mengharumkan nama Batola dengan prestasi yang cemerlang. Terlebih, saat ini Pemkab Batola telah mewujudkan fasilitas atlet berlatih berupa dinding panjat yang layak.

Disampaikan Donny Irawan, Ketua FPTI Batola, pihaknya telah melakukan persiapan selama tiga bulan terakhir. Hal ini dinilai cukup untuk kompetitif bersaing dengan atlet daerah lainnya. “Kita memberangkatkan 10 atlet, terdiri dari enam putera dan empat orang puteri,” beber pria yang akrab disapa Dodon ini.

Lebih lanjut ia mengatakan, dari 10 atlet tersebut akan bertanding di lima kategori dari empat disiplin lomba yang di mainkan pada 26 hingga 31 Oktober 2021 ini. “Kategori Junior kelahiran 2002-2003, Youth A kelahiran 2004-2005, Youth B Kelahiran 2006-2007, Youth C Kelahiran 2008-2009 dan Youth D kelahiran 2010-2011 dengan disiplin lomba Lead, Boulder, Speed Klasik dan Word Record,” jelasnya. Ia juga mengungkapkan, Kejurprov tahun ini merupakan kali pertama yang diikuti pihaknya, atlet yang disertakan pun terbilang banyak pasca FPTI Batola didirikan.