Vaksinasi Bergerak dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali mengunjungi Kabupaten Barito Kuala (Batola), Rabu (03/11/2011). Gubernur H Sahbirin Noor didampingi Ketua DPRD Provinsi Kalsel H Supian HK, Sekdaprov Roy Rizali Anwar, dan sejumlah pimpinan SKPD mengunjungi kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di Desa Tabing Rimbah, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Aksi nyata Paman Birin (sapaan akrab Gubernur Kalsel) ini untuk memberikan semangat kepada masyarakat. Kehadiran rombongan disambut Bupati Batola Hj Noormiliyani AS, forkopimda, pimpinan SKPD, Camat Mandastana A Husaini, dan undangan.

Vaksinasi bergerak merupakan salah satu upaya pemerintah Provinsi Kalsel dalam meningkatkan angka vaksinasi di Kalsel. Kepada masyarakat, gubernur menyampaikan vaksinasi yang dilakukan penting dalam menghindari serangan Covid-19. “Serangan Covid-19 sudah berlangsung 1,5 tahun lebih. Virus ini harus kita lawan dengan vaksinasi ini,” tegasnya sambil menambahkan, mengingat dari vaksin yang disuntikan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Kepada kabupaten/kota, gubernur minta untuk tidak ragu melakukan vaksinasi karena sesuai dijanjikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) jika vaksin habis minta lagi dan vaksin akan dikirim. Semakin cepatnya cakupan vaksinasi dilakukan diyakini sebaran Covid-19 di Kalsel bisa berakhir. “Tidak ada yang tidak mungkin diselesaikan selama kita mau bergotong-royong, bahu membahu, dan berjuang bersama untuk terus menguatkan. Jangan lengah dengan Covid-19,” pesan gubernur.

Gubernur menambahkan, saat ini kondisi Kalsel sudah membaik dengan penurunan kasus. Momen ini, sebutnya, harus dijaga bahkan ditingkatkan hingga Kalsel benar-benar bebas dari sebaran Covid-19. Bupati Batola Hj Noormiliyani AS mengucapkan terima kasih atas program vaksinasi turun desa (turdes) yang diterapkan Pemerintah Provinsi Kalsel ini. “Tentu kita bersama-sama berharap Batola bisa mencapai target 70 persen vaksinasi di akhir Desember,” ungkap mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini.

Di hadapan Gubernur Kalsel, bupati wanita pertama di Kalsel ini menyatakan, Batola sudah melaksanakan vaksinasi setiap hari dengan menyertakan kewajiban vaksin bagi setiap kegiatan dari berbagai pihak termasuk terhadap peserta penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).Usai mengunjungi Batola, Turdes Vaksinasi Provinsi Kalsel ini akan melanjutkan kunjungan ke Kabupaten Tapin, HSS, HST, HSU, Tabalong, Tanbu dan Kotabaru dengan estimasi waktu hingga 6 November 2021 lusa.