* 388 Diikuti Peserta RB Lokal dan Nasional

Pelaksanaan Tour de Barito Kuala (TdB) akhirnya terwujud sudah. Bupati Hj Noormiliyani AS melepas peserta dari gerbang halaman Kantor Bupati Barito Kuala (Batola), Kamis (04/10/2021) pagi.

Pelepasan yang juga disaksikan Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Ketua DPRD Saleh, para anggota forkopimda, Pengurus ISSI Pusat, ISSI Kalsel dan Batola, Pimpinan BPKP Kalsel, Pimpinan Bank Kalsel Cabang Marabahan, para pimpinan SKPD, dan lain ini sedikitnya diikuti 1.588 peserta yang terdiri dari 388 peserta Road Bike (RB) dan 1.200 peserta Mountain Bike (MTB).

Menariknya, untuk kategori RB yang memperebutkan hadiah uang tunai senilai Rp150 juta dengan 4 kategori usia masing-masing 17 – 23 tahun, 24 – 35 tahun, 36 tahun up, dan women open ini tidak sedikit peserta yang berasal dari luar kabupaten, provinsi, serta luar pulau seperti dari pulau Jawa, Aceh, hingga Papua. Demikian pula di kategori MTB yang memperebutkan satu buah sepeda motor dan 18 sepeda ini pesertanya justru lebih banyak mencapai 1.200 peserta.

“Untuk penyediaan hadiah juara I kategori RB dan MTB di TdB tahun 2021 ini kami merasa terbantu dengan sumbangan Bank Kalsel Cabang Marabahan sebesar Rp50 juta,” papar Ketua Panitia Pelaksana, Hery Sasmita. Selain itu, tambah pria yang menjabat Kabag Prokopimda Setda Batola ini, ada Polygon yang memberikan upgrade sepeda sehingga panitia bisa membeli hadiah sepeda yang lebih berkualitas dengan harga sesuai anggaran.

Rute TdB tahun 2021 ini untuk kategori RB melintasi 10 kecamatan yaitu Marabahan, Cerbon, Rantau Badauh, Jejangkit, Mandastana, Belawang, Alalak, Anjir Muara, Anjir Pasar, dan Barambai dengan jarak tempuh 112 kilometer dengan Helipad Jejangkit sebagai rest area 1 yang berisi hiburan musik panting dan rest area 2 di Kecamatan Belawang yang dihibur hadrah dan kuda lumping.

Sementara untuk rute MTB dengan jarak tempuh 34 kilometer melintasi komplek perkantoran Jalan Jenderal Sudirman Marabahan, Kantor DPRD, Pabrik Kelapa Sawit, dan istirahat 1 jam di rest area objek wisata Talaran Setara, dan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Desa Anjir Talaran, Kelurahan Ulu Benteng, dan finish di Kantor Pemkab Batola.

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS menyatakan, TdB yang dilaksanakan kali ini merupakan yang kedua. Sedangkan yang pertama dilaksanakan pada tahun 2019 lalu. Bupati perempuan pertama di Kalsel ini mengutarakan, tujuan dilaksanakannya TdB ini selain untuk mengakomodir hasrat para bikers dan masyarakat baik dari satu provinsi, satu pulau, bahkan dari luar pulau Kalimantan untuk mengenali Kabupaten Barito Kuala.

Noormiliyani menguraikan, Kabupaten Barito Kuala memiliki 17 kecamatan, 195 desa, dan 6 kelurahan yang nantinya pada saat lomba para bikers khususnya di kategori RB akan melewati 10 kecamatan. “Kami berharap setelah melintasi sejumlah kawasan kecamatan nantinya para bikers akan mendapatkan kesan,” harap wanita yang pernah menjabat Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini.

Kendati ketika melintas para peserta akan menjumpai sejumlah jalan rusak akibat banjir beberapa waktu lalu. Walau pun jalan tersebut telah diupayakan dilakukan perbaikan. “Kami mohon maaf nantinya jika dalam perjalanan kalian menjumpai sejumlah jalan yang agak rusak atau becek,” pintanya.