* Bupati Sambut Baik Langkah PLN

Pihak PLN menggelar road show mobil di hadapan Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS, Ketua DPRD Saleh, dan forkopimda, Senin (08/11/2021). Road show yang dilaksanakan di pekarangan Aula Bahalap Setda Batola melalui UP3 Banjarmasin dan UPL Marabahan ini berupa pengenalan kendaraan berbasis energi listrik. Road show ini cukup menyita perhatian karena tergolong hal baru dan masih minim digunakan.

Beberapa perwakilan forkopimda dan SKPD pun berkesempatan menjajal contoh kendaraan yang dibawa di halaman Kantor Bupati Batola. Terdapat dua jenis kendaraan listrik yang diperkenalkan kali ini seperti sepeda motor matik dan mobil Hyundai Kona.

Manager ULP PLN Marabahan, Daha Arliansyah, mengatakan road show ini secara terjadwal merupakan ajang pengenalan kepada masyarakat melalui pemkab untuk mengetahui lebih dekat kendaraan dengan tenaga baterai. “Kita mengenalkan secara rinci bagaimana kelebihannya dibandingkan kendaraan konvensional pada umumnya,” tuturnya.

Menurut Ardiansyah, ada beberapa hal kelebihan yang perlu diketahui masyarakat. Di antaranya kendaraan ini bebas polusi, hemat biaya dan akan menjadi moda transportasi masa depan. Di samping itu, pengenalan ini juga bertujuan mengkampanyekan Perpres No.55/2019 dan Peraturan Pemerintah No.13/2020 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. “PLN sendiri di bawah Kementerian BUMN ditunjuk sebagai penyedia sarana infrastruktur untuk vehicle electric ini,” kata Arliansyah.

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS menyambut baik langkah yang dilakukan PLN untuk memberikan kesempatan sebagai perkenalan awal. “Mungkin ini bisa dikatakan mobil masa depan, tentunya perlu waktu untuk menggaet kepercayaan masyarakat, seperti halnya penerapan gas LPG dulu,” ucap Noormiliyani.

Bupati perempuan pertama di Kalsel ini pun mendukung upaya pemerintah melalui program kendaraan ramah lingkungan dan hemat biaya ini. Hanya saja banderolnya belum terjangkau untuk masyarakat secara umum. Sekilas mengenai harga Hyundai Kona yang dikenalkan berkisar 600 hingga 700 juta, sedangkan sepeda motor matik sekitar 23 juta rupiah, tergantung merk dan kualitasnya.