* Dari Orientasi Penyusunan RKPD 2021

Bupati Kabupaten Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS membuka Orientasi Tim Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), Jumat (12/11/2021). Kegiatan yang berlangsung di Swiss Belhotel Banjarmasin ini juga dihadiri Sekdakab Batola H Zulkipli Yadi Noor, Plt Kepala Bappelitbang Munadi, Kepala BPKAD Samson, Kepala BP2RD Ardiansyah, dan para anggota Tim Penyusunan RKPD se-Batola.

Menurut Noormiliyani, orientasi merupakan satu bagian penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya yang tergabung dalam Tim Penyusunan RKPD. “Kegiatan ini penting untuk menyamakan persepsi terhadap agenda penyusunan dokumen perencanaan tahun 2023,” ungkapnya.

Dikatakan, penyusunan dan evaluasi dokumen perencanaan dan pembangunan daerah untuk tahap perencanaan sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017 akan dimulai dari bulan November 2021.“Tahun 2023 merupakan tahun transisi, sedangkan masa jabatan saya sebagai bupati bersama Wakil Bupati Rahmadian Noor akan berakhir di 2022,” ujarnya.

Untuk itu, mantan Ketua DPRD Provinsi ini berharap, perencanaan mendatang hendaknya dapat melanjutkan program yang mengacu RPJPD Batola 2005-2025. Di samping tetap mengakomodir kebijakan Pemerintah Nasional (RPJMN 2019-2024) dan kebijakan Pemerintah Provinsi (RPJMD Provinsi 2021-2026). Bupati perempuan pertama di Kalsel ini mengutarakan, ia bersama Wabup Rahmadian Noor sudah membuat blueprint (grand desaign) Kabupaten Batola.

Sayangnya karena pandemi sehingga perencanaan baru sampai tahap pembahasan di SKPD. “Kita berharap grand desain ini bisa disetujui pihak DPRD sehingga siapa pun nanti bupatinya akan memiliki acuan dan pembangunan menjadi selaras,” harapnya.