Kabupaten Barito Kuala (Batola) resmi memiliki pengurus Komite Olahraga Rekreasi Indonesia (KORMI). Pengurus KORMI Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengukuhkan Kepengurusan KORMI Batola yang diketuai Akhmad Wahyuni, Sabtu (06/11/2021).

Pelantikan Wawah (panggilan Akhmad Wahyuni) beserta pengurus ini bersamaan pengukuhan pengurus di lima kabupaten/kota di Kalsel lainnya seperti Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah, Tanah Bumbu, dan Kotabaru. Pelantikan pengurus wadah olahraga rekreasi dan olahraga tradisional periode 2021 – 2025 ini dilaksanakan Wakil Ketua III KORMI Kalsel Abdul Hamid di Hotel Aria Barito Banjarmasin.

KORMI Kalsel melengkapi kepengurusan KORMI 13 kabupaten/kota ini selain salah satu komitmen membina, mengembangkan, dan memperkenalkan seluruh olahraga rekreasi dan tradisional banua sekaligus upaya persiapan menjelang pelaksanaan Musyawarah Provinsi Luar Biasa (Musprovlub) yang direncanakan Sabtu dan Minggu (13 dan 14 November) 2021.

Sementara itu, dari informasi menyebutkan, sebelum pelaksanaan Musprovlub, nama Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor disebut-sebut bakal mengisi jabatan Ketua KORMI Kalsel. Mencuatnya nama gubernur yang akrap disapa Paman Birin ini setelah dilaksanakan pengukuhan pengurus kabupaten/kota. Sahbirin Noor diikrarkan untuk menjadi Ketua KORMI Kalsel periode 2021-2025.

Wakil Ketua II KORMI Kalsel, Muhammadun mengutarakan, lahirnya ikrar ini merupakan hasil rembukan lintas pengurus cabang serta pengurus KORMI Kalsel di samping telah dilakukan pendekatan dan komunikasi kepada Paman Birin.“Paman Birin figur yang mencintai olahraga, terutama olahraga rekreasi, saya yakin dengan kepemimpian beliau KORMI akan sukses,” ucapnya.

Menyinggung dibentuknya kepengurusan, Muhammadun mengharapkan, 13 kabupaten/kota dapat berperan besar dalam pengembangan olahraga rekreasi di masyarakat. Terlebih KORMI sendiri selalu membawa harum nama Kalsel di tingkat nasional yang selalu finish tiga besar di ajang Fornas.