Para pemuda yang terhimpun pada KNPI Kabupaten Barito Kuala (Batola) selalu terlibat di setiap momen kegiatan. Demikian pula pada Peringatan ke-76 Hari Pahlawan 10 November 2021, Rabu (10/11/2021). Bekerjasama dengan DPD KNPI Provinsi Kalsel, DPD KNPI Batola dengan dipimpin Ketuanya, Hary Sasmita SSTP MAP, dalam merefleksikan Peringatan Hari Pahlawan dengan menggelar ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) 5 Desember Marabahan.

Layaknya yang dilakukan pemerintah, para pengurus KNPI Batola ini juga menggelar ziarah yang berisi peletakan karangan bunga di monumen TMP 5 Desember Marabahan serta upacara tabur bunga yang dipimpin langsung Ketua DPD KNPI Batola, Hery Sasmita.

Tak hanya itu, para pemuda yang berasal dari berbagai organisasi kepemudaan (OKP) ini juga membagi-bagikan tali asih kepada veteran dan janda veteran yang terdapat di Kota Marabahan. Tali asih berupa sembako dan lainnya ini dibagikan secara simbolis ke rumah masing-masing veteran dan janda veteran yang terdapat di Kota Marabahan seperti janda veteran Hj Barsiah yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Marabahan.Selain itu juga diberikan tali asih kepada janda veteran ibu Haniah yang terdapat di Jalan Pahlwan serta legiun veteran Kamran yang berada di Jalan Gawi Sabumi Marabahan.

Ketua DPD KNPI Batola, Hery Sasmita menerangkan, kegiatan ziarah serta pembagian tali asih yang dilaksanakan ini dalam rangka lebih memberi makna terhadap Peringatan Hari Pahlawan di tahun 2021. Pria yang juga menjabat Kabag Prokopimda Setda Batola ini menjelaskan, pembagian tali asih berisi sembako dan ziarah ini dilaksanakan bekerjasama antara DPD KNPI Batola dengan DPD KNPI Kalsel.

“Digelarnya kegiatan ini merupakan kolaborasi dan sinergitas antara DPD KNPI Batola dengan DPD KNPI Kalsel,” paparnya. Ia berharap kegiatan semacam ini bisa terus berlanjut pada tahun-tahun mendatang dengan harapan keberadaan para pemuda turut memberi andil positif bagi masyarakat. “Semoga kegiatan ini jadi ibadah dan substansi momen hari pahlawan terus terjaga,” ucapnya.