Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola) bergerak cepat atas musibah yang menimpa warga di Kecamatan Alalak. Wakil Bupati Barito Kuala (Wabup Batola) H Rahmadian Noor terjun langsung ke lokasi melihat kondisi terkini warganya, Kamis (15/10/2020).

Musibah angin puting beliung yang terjadi Selasa (13/10) menghebohkan warga Kecamatan Alalak khususnya warga 3 desa dan 1 kelurahan di kecamatan yang berbatasan Kota Banjarmasin itu. Warga Desa Beringin, Sungai Pitung, Sungai Lumbah dan Kelurahan Handil Bakti terkejut dengan kencangnya angin puting beliung yang menimpa desa mereka sekitar pukul 15.00 wita. Beberapa rumah mengalami kerusakan ringan hingga berat.

Data terakhir dari Kepala BPBD Batola Sumarno terdapat 47 rumah yang terdampak musibah puting beliung ini. “Ada 47 rumah yang terdampak angin puting beliung ini, namun terparah ada 25,” terangnya saat mendampingi Wakil Bupati meninjau lokasi bekas bencana.

Wakil Bupati H Rahmadian Noor yang didampingi Asisten Bidang Pembangunan M Anthony, Kepala BPBD Sumarno, dan Camat Alalak M Sya’rawi meninjau dua desa yakni Beringin RT 02 dan Sungai Pitung RT 06 yang terdampak cukup parah. Dalam kunjungannya wabup juga membagikan 47 paket bantuan yang terdiri dari terpal dan peralatan masak kepada warga terdampak.

Pria yang akrab disapa Rahmadi itu berharap bantuan dapat meringankan beban warga yang terkena musibah. “Bantuan logistik, uang tunai, dan perbaikan rumah warga yang tidak mampu akan kami upayakan secepatnya,” ungkapnya.

Warga Desa Beringin, Hasan, mengaku bersyukur dan berterimakasih atas bantuan yang diberikan. “Kami berharap segera mendapat bantuan berupa perbaikan rumah kami,” harap pria yang bekerja sebagai tukang bangunan itu.