* Baznas Bagikan 300 Sembako ke Mustahiq

Menjelang 1 Ramadhan 1442 Hijriyah, Senin (12/04/2021), Badan Amil Zakat Infaq dan Sedekah (Baznas) Kabupaten Barito Kuala (Batola) kembali membagikan bantuan kepada yang berhak menerima (mustahiq). Kali ini bantuan yang diserahkan berupa paket sembako.

Para mustahiq yang mendapatkan sebanyak 300 orang yang terdapat di tiga kecamatan yakni Marabahan, Cerbon, dan Bakumpai. Selain itu juga dibagikan paket sembako kepada beberapa tukang ojek dan tukang beca.

Penyerahan bantuan paket sembako kepada para mustahiq ini dilaksanakan secara simbolis di Aula Mufakat oleh Bupati Batola Hj Noormiliyani AS disaksikan para forkopimda atau yang mewakili serta Kepala Kemenag Batola atau yang mewakili.

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS menyatakan, program bantuan yang dilaksanakan Baznas ini patut disyukuri dan diharapkan bisa membantu mereka yang membutuhkan sekaligus dalam upaya mengurangi angka kemiskinan.

Kepada seluruh masyarakat Batola, bupati mengajak untuk terus meningkatkan rasa kepedulian dan kesetiakawanan sosial terhadap sesama dengan memanfaatkan keberadaan Baznas sebagai pengelola dan penyalur Zakat, Infaq dan Sedekah yang diberikan untuk disalurkan dan dibagikan kepaa yang benar-benar berhak menerima. Mengingat, lanjut bupati, Baznas merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq dan sedekah.

Penyaluran bantuan ini merupakan bentuk sinergitas dan kerjasama Baznas bersama pemerintah untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu. “Dengan zakat kita dukung program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan, peningkatan mutu sember daya manusia serta daya saing umat menuju masyarakat Batola yang semakin maju dan sejahtera,” papar bupati.

Sekretaris Baznas Batola, H Azrul Aswad menerangkan, dalam minggu-minggu ini Baznas Batola juga akan menyerahkan bantuan untuk anak yatim bagi kecamatan yang belum tersampaikan lantaran kesulitan transportasi yakni Kecamatan Tabunganen dan Kuripan. Bantuan akan disampaikan melalui Kepala KUA di dua kecamatan setempat.

Dikesempatan penyerahan paket sembako mustahiq ini, Aswad juga menyampaikan ikhtisar keuangan Baznas seperti zakat dan infaq. Ia mengatakan, untuk periode 2020 terdapat Rp.396.648.933 keuangan Baznas Batola yang sudah disalurkan. Sementara untuk Januari 2021, paparnya, terdapat penerimaan Rp14.404.544, Pebruari Rp32.437.372, dan Maret Rp28.026.189.

Dengan demikian sampai awal April 2021 terdapat dana zakat, infaq, dan sedekah yang masuk ke kas Baznas Batola Rp75.880.105. “Kami mengharapkan terhadap penerimaan zakat, infaq dan sedekah ini semakin meningkat,” paparnya sembari mengharapkan bantuan semua pihak untuk perduli dalam menyerahkan zakat dan infaqnya. Mengingat, zakat bagi kaum muslimin hukumnya wajib.

Acara penyerahan paket sembako untuk kaum mustahiq di 3 kecamatan di Batola ini juga dihadiri Ketua Baznas Batola KH Abdul Aziz, para anggota forkopimda, kepala kemenag atau yang mewakili, dan undangan.